nt

Tips Marketing yang Tepat Bagi Brand Lokal di 2024

Saat ini, tren terhadap brand dan produk lokal terus bertumbuh. Banyak masyarakat yang lebih percaya dengan kualitas dari brand lokal. Sudah banyak produk dari brand lokal yang sukses di bidangnya masing-masing dan terdapat banyak pilihan brand lokal yang ada di Indonesia.

Menariknya, masyarakat ternyata juga suka membeli produk brand lokal yang dipromosikan dengan baik. Hal ini karena masyarakat merasa lebih tertarik dengan produk dengan tampilan iklan yang baik dan menarik.

Jika Anda adalah salah satu pengusaha brand lokal, berarti mempromosikan brand lokal merupakan suatu hal yang sangat penting untuk di lakukan, jika Anda ingin bisnis Anda menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Tapi bagaimana Anda akan mempromosikan brand lokal dengan baik, agar lebih sering di lirik konsumen?

Jangan khawatir, blog.akmakom akan membagikan beberapa tips marketing ampuh supaya brand Anda dikenal masyarakat dan menghasilkan keuntungan lebih besar.

Yuk, simak sampai selesai!

Kenapa Marketing bagi Brand Lokal itu Penting?

Berikut beberapa alasan yang membuat marketing penting bagi brand lokal, antara lain:

  • Menaikkan Citra Perusahaan

Dalam mengembangkan bisnis dan melebarkan mitra yang dijalankan, sebuah perusahaan penting untuk membangun dan mengelola citranya sebaik mungkin. Hal ini bertujuan agar memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan dan menarik masyarakat untuk terus loyal menjadi konsumen perusahaan.

Untuk menaikkan citra perusahaan, Anda harus memproduksi produk yang berkualitas dan harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan atau konsumen. Menjaga hubungan baik dengan konsumen dapat dilakukan dengan cara menerima saran konsumen dengan senang hati.

Baca juga: Strategi Penerapan Digital Branding pada Bisnis

Selain itu, menaikkan citra perusahaan brand lokal dapat dilakukan dengan cara marketing yang tepat. Apabila sebuah perusahaan memiliki citra yang baik di masyarakat, maka akan mempermudah bisnis dengan meningkatkan daya jual karena adanya kepercayaan yang diberikan kepada masyarakat oleh perusahaan.

  • Brand Anda Lebih Mudah Ditemukan Konsumen

Dengan usaha marketing yang baik, brand Anda akan lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Hal ini harus diperhatikan perusahaan brand lokal jika ingin bersaing dengan produk luar negeri.

Faktanya, kebanyakan orang atau konsumen akan melakukan riset secara online sebelum membeli produk yang mereka inginkan. Mereka akan mencari semuanya tentang produk yang ingin dibeli mulai dari harga, deskripsi, gambar produk, ulasan/rating dari pembeli, kualitas customer service dan lain sebagainya.

Idealnya, setiap kali konsumen melakukan riset, nama brand Anda-lah yang terlihat di hasil pencarian. Sebab, jika brand Anda tidak muncul di hasil pencarian atau tidak ditemukan, konsumen hanya akan mengenal kompetitor yang memiliki produk sama dengan bisnis yang Anda jalankan.

Oleh karena itu, marketing brand lokal sangat penting dilakukan agar bisnis yang Anda jalankan dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen di hasil pencarian.

  • Membangun Emosi Positif Ke Konsumen

Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk yaitu emosi. Manusia membeli produk berdasarkan emosi dibandingkan dengan logika.

Dengan ini diketahui bahwa emosi dapat menciptakan ikatan dengan konsumen yang berkontribusi langsung untuk membangun keuntungan dan keloyalan konsumen. Strategi yang dapat dipakai untuk membangun emosi positif konsumen adalah dengan melakukan branding secara online melalui iklan dan media promosi lainnya untuk membangkitkan sisi emosional konsumen.

Baca juga: Trik Psikologi Marketing untuk Meningkatkan Penjualan Anda!

Banyak manfaat yang didapat jika Anda berhasil membangun ikatan emosi positif ke konsumen. Konsumen bukan hanya membeli produk yang Anda tawarkan, tetapi juga banyak diantaranya yang tak ragu untuk merekomendasikan brand Anda ke orang lain.

  • Memenangkan Persaingan Brand Lokal Lain

Tak bisa dipungkiri bahwa memenangkan persaingan bisnis itu sangatlah berat. Terlebih lagi sudah banyak UMKM yang sudah Go Online. Jika Anda mempunyai bisnis tetapi tidak didukung dengan marketing yang tepat, maka bisnis yang Anda jalankan bisa saja kalah bersaing dan berisiko gulung tikar.

Oleh karena itu, marketing sangat diperlukan dan harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat memenangkan persaingan brand lokal. Bagaimana caranya?

Anda bisa menggunakan strategi viral marketing dengan membuat konten unik dan menjadi viral di media sosial. Cara lainnya, dengan menampilkan produk bisnis Anda pada website, marketplace atau media sosial dengan memasang foto produk yang menarik konsumen.

  • Meningkatkan Penjualan Produk

Pelanggan atau konsumen lebih senang membeli produk dari brand yang telah dikenal. Hal ini dikarenakan konsume telah memiliki kepercayaan terhadap brand tersebut. Maka dari itu, marketing yang tepat untuk brand lokal sangat diperlukan untuk memikat hati konsumen. Tujuan adanya marketing yang tepat untuk brand lokal adalah meningkatkan penjualan produk, sehingga pemasukan juga akan meningkat.

Caranya, Anda dapat memanfaatkan digitalisasi sebagai cara meningkatkan penjualan. Digital marketing membantu bisnis Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Saat ini terdapat banyak platform pemasaran yang dapat Anda gunakan. Mulai dari optimasi instagram, beriklan di Facebook Ads, Google Ads, optimasi website dengan SEO dan lain sebagainya.

Baca juga: Strategi Menjalankan Digital Branding dalam Bisnis Online

Dengan usaha promosi yang sering Anda lakukan di berbagai platform, maka semakin mudah juga orang menemukan brand Anda. Pada akhirnya, kesempatan mereka untuk bisa tertarik dan membeli produk tersebut jadi semakin besar. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk.

  • Membantu Dalam Melihat Target Pasar yang Jelas dan Tepat

Dengan mengoptimalkan strategi marketing, target pasar Anda akan semakin jelas dan tepat. Produk dengan target pasar yang jelas dan tepat akan memberikan keuntungan yang lebih juga. Baik dari demografinya, hobi, media sosial yang digunakan, dan lain sebagainya.

Mengapa target pasar yang jelas dan tepat itu penting? Hal ini karena, dengan adanya target pasar yang jelas dan tepat menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan strategi yang efektif untuk menawarkan produk yang Anda jual.

Selain itu, target pasar yang jelas dan tepat dapat membantu dalam mengarahkan kegiatan pemasaran kepada kelompok konsumen dengan karakter konsumen tertentu. Dengan demikian, target pasar yang tepat dan jelas merupakan bagian penting dalam mengukur, meningkatkan, dan menentukan potensi keberhasilan dalam membangun bisnis.

Tips Marketing yang Tepat bagi Brand Lokal

Dengan tips dan strategi marketing yang tepat, akan memudahkan konsumen dalam mencari dan menemukan brand milik Anda. Berikut ada beberapa tips marketing yang tepat dan ampuh untuk brand lokal Anda:

  1. Go Online dengan Website

Setiap tahun pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan. Jadi, jika suatu brand menginginkan agar bisa terus berkembang, melakukan promosi online merupakan suatu hal yang wajib.

Banyak pilihan untuk mulai melakukan promosi online, bisa dari media sosial, marketplace, dan lain sebagainya. Namun, website tetap menjadi pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan.

Terdapat beberapa alasan mengapa sebuah brand lokal perlu menggunakan website, yaitu konsumen lebih percaya bisnis yang memiliki website. Artinya, mengandalkan media sosial saja belum cukup untuk membangun brand lokal Anda secara online.

Baca juga: 15+ Contoh Strategi Pemasaran Online Yang Bisa Anda Coba

Kelebihan lainnya adalah memudahkan perusahaan dalam melakukan branding. Berbeda dengan marketplace atau media sosial yang tampilannya seragam dan tak bisa diubah, website memberikan Anda kebebasan membangun branding sendiri. Mulai dari warna, logo, layout, jenis font, fitur khusus, dan lainnya.

  1. Optimalkan Local SEO

Tips marketing yang tepat untuk brand lokal berikutnya yaitu mengoptimalkan local SEO. Anda harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di Google agar bisnis Anda menjadi primadona dan bintang di lokasi sekitar Anda. Strategi ini sangat tepat dan cocok untuk Anda yang sudah memiliki  toko fisik atau toko konvensional yang bisa didatangi oleh konsumen.

Salah satu kunci untuk mengoptimalkan Local SEO adalah melakukan riset keyword dan menggunakannya di website Anda. Tujuannya agar Anda tahu apa yang diinginkan konsumen dan kata kunci apa yang diketikkan di Google.

Dengan menguasai local SEO otomatis akan membantu bisnis Anda masuk di halaman pertama mesin pencari sehingga pengguna bisa menemukan Anda dengan mudah berdasarkan lokasi atau wilayah terdekat. Selain itu, dengan penerapan yang tepat Anda akan mendatangkan lebih banyak traffic ke website maupun peningkatan pembelian.

  1. Daftar Google My Business

Google my business atau google bisnisku ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi lengkap tentang bisnis Anda agar konsumen mudah mencarinya.

Jika Anda belum memiliki google my business segara buat akun dan lakukan verifikasi. Jika sudah memiliki akun, coba cek kembali kelengkapan profil Anda. Dengan data google my business yang lengkap, bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah dideteksi atau diindeks oleh google sehingga muncul di hasil pencarian google dan google maps.

Baca juga: Tools Google untuk Digital Marketer

Tidak hanya itu, dengan google my business ini bisa memperkuat local SEO. Hal ini dikarenakan jika ada yang mencari brand Anda secara khusus maka informasinya akan langsung ditampilkan di halaman pertama google.

  1. Buatlah Buyer Persona

Dengan membuat buyer persona, marketing dapat menyasar target dengan jelas dan tepat. Buyer persona merupakan salah satu strategi yang dilakukan untuk mengidentifikasi keinginan konsumen.

Pada saat Anda membangun bisnis harus didasari dengan keinginan konsumen agar bisa mendapatkan target pasar yang jelas. Tanpa adanya target pasar yang jelas dan tepat akan dipastikan sulit untuk mendapatkan konsumen.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat buyer persona agar lebih mudah untuk menemukan target yang tepat dari konsumen. Dengan melakukan hal tersebut bisnis yang Anda jalankan akan lancar, terutama dalam dunia digital.

Pada dasarnya buyer persona akan membantu perusahaan untuk lebih memahami pelanggan dan calon pelanggan dengan baik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam penyesuaian konten, pengembangan produk dan lain sebagainya.

  1. Meningkatkan Nilai Jual Brand

Dengan meningkatkan nilai jual brand, maka produk Anda akan kuat bersaing di pasaran karena brand memiliki ciri khas tersendiri dari kompetitor. Produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi akan menjadi buruan utama pelanggan.

Pasalnya, produk dengan nilai jual tinggi dianggap sebanding untuk dibeli, walaupun produk tersebut memiliki harga yang tinggi. Maka dari itu, marketing penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan nilai jual brand.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilai jual brand lokal Anda. Diantaranya ialah mempercantik kemasan, memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas, berikan garansi produk, berikan umpan balik dan lain sebagainya.

Dengan meningkatkan nilai jual brand, maka produk yang Anda jual akan terlihat lebih eksklusif. Dan ketika konsumen sudah menemukan nilai dari sebuah brand, mereka akan meningkatkan loyalitas kepada brand tersebut.

  1. Kelola Blog untuk Memberikan Value

Mengelola blog dengan baik dan efektif, dapat meningkatkan brand awareness.  Selain itu, blog juga dapat mendorong lebih banyak penjualan, sehingga keuntungan yang didapat juga akan semakin meningkat.

Banyak yang mengatakan, orang bisa mendapatkan value setelah membaca blog. Value tersebut bisa berupa informasi bermanfaat seperti tips, panduan, info promo terbaru yang berhubungan erat dengan produk Anda. Dengan begitu, pengunjung situs website Anda juga akan meningkat. Nah, dapat kita simpulkan bahwa lewat website konsumen akan jadi lebih dekat dengan brand melalui pendekatan content marketing.

Ada banyak cara untuk mengelola blog yang baik dan efektif, cara tersebut antara lain menentukan topik blog, menulis konten artikel yang menarik, tambahkan CTA (call To Action) dan lain sebagainya. Strategi blog sebagai media marketing sangat cocok untuk membangun kredibilitas brand lokal dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Manfaatkan Media Sosial Resmi dengan Baik

Memanfaatkan media sosial resmi dengan baik merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk menghasilkan konversi bagi bisnis Anda. Perkembangan teknologi saat ini, dapat dikatakan bahwa digital marketing adalah strategi untuk pemasaran yang baik dan efektif untuk meraup lebih banyak keuntungan. Saat ini ada banyak platform sosial media untuk promosi misalnya instagram, facebook, twitter, youtube, dan lain sebagainya.

Sosial media untuk marketing merupakan cara yang populer karena membantu perusahaan brand lokal menjangkau audiens target mereka dengan cara yang efisien. Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen Anda. Bahkan banyak konsumen yang tidak akan ragu merekomendasikan sosial media Anda ke orang lain sehingga brand Anda akan lebih dikenal.

Sosial media juga bermanfaat untuk perusahaan dalam menciptakan hubungan dengan konsumen mereka yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pendapatan. Meskipun butuh waktu yang tidak singkat untuk merencanakan sosial media marketing, jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan dengan pertimbangan yang matang, hasil yang didapat pun pasti akan sepadan.

  1. Gunakan Strategi Iklan yang efektif

Iklan adalah salah satu strategi yang masih cukup efektif dalam meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar penjualan meningkat sehingga perusahaan mendapatkan banyak profit.

Strategi periklanan dapat dikatakan cara promosi penjualan yang cukup efektif. Ditambah dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, iklan dapat dilakukan dengan digital menggunakan media sosial atau platform yang lainnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk iklan digital lebih murah dibandingkan Anda memasang iklan di baliho atau billboard.

  1. Manfaatkan WhatsApp Bisnis

Tips terakhir marketing yang tepat untuk brand lokal adalah memanfaatkan whatsapp bisnis. Whatsapp bisnis adalah aplikasi yang dirancang khusus untuk mempermudah pemilik bisnis berinteraksi dengan konsumennya.

Dengan whatsapp bisnis, Anda bisa membuat profil bisnis dan membangun kredibilitas sehingga konsumen percaya terhadap brand yang Anda tawarkan. Anda juga dapat memberikan informasi kontak dan jam operasional toko Anda.

Selain itu, whatsapp bisnis juga bisa disambungkan ke website Anda. Jadi, ketika pengunjung browsing dan ingin menghubungi Anda, cukup sekali klik akan langsung tersambung ke WhatsApp Bisnis Anda.

  1. Terapkan Community Marketing

Komunitas juga berperan penting dalam strategi marketing suatu brand. Strategi marketing ini berfokus pada interaksi dengan komunitas konsumen Anda. Interaksinya bisa dilakukan online maupun offline. Mulai dari komunitas regional di suatu kota, komunitas dalam event khusus, seminar, grup Facebook,hingga forum online.

Community marketing cocok untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Karena fokusnya adalah pada interaksi jadi lebih mampu untuk membangun engagement. Hal ini tentu penting dilakukan brand lokal untuk mampu menjaga konsumen agar tetap setia dengan produk bisnisnya.

Itulah penjelasan mengenai tips marketing yang tepat bagi brand lokal. Semoga bermanfaat.

Jika Anda membutuhkan tempat pelatihan untuk belajar digital marketing, Anda bisa berkunjung ke akmakom.com untuk mencari pelatihan online atau offline.

30/12/2023

32 responses on "Tips Marketing yang Tepat Bagi Brand Lokal di 2024"

  1. Olá estão usando WordPress para seu blog plataforma? Eu sou novo no mundo do blog, mas estou a tentar começar e configurar meu próprio. Você exigem qualquer codificação especialização para fazer seu próprio blog? Qualquer ajuda seria realmente apreciada!

  2. Olá! Eu entendo é um pouco fora-tópico mas tive para perguntar. Faz executando um bem-estabelecida site como seu tomar um grande quantidade de trabalhar? Sou novo para blogging mas eu escrevo meu diário todos os dias. Eu gostaria de começar um blog então eu será capaz de compartilhar meu próprio experiência e pensamentos on-line. Por favor, deixe-me saber se você tem qualquer tipo de ideias ou dicas para novo aspirante blog proprietários. Obrigado!

  3. Hey There. I found your blog the usage of msn. That is an extremely smartly written article. I’ll be sure to bookmark it and return to learn more of your helpful info. Thanks for the post. I will certainly return.

  4. When someone writes an post he/she keeps the idea of a user in his/her mind that how a user can know it. So that’s why this post is great. Thanks!

  5. I am no longer positive the place you are getting your information, but great topic. I needs to spend a while finding out more or understanding more. Thanks for fantastic info I used to be in search of this information for my mission.

  6. This post is actually a pleasant one it assists new internet users, who are wishing for blogging.

  7. Cool blog! Is your theme custom made or did you download it from somewhere? A theme like yours with a few simple tweeks would really make my blog stand out. Please let me know where you got your theme. Kudos

  8. My coder is trying to convince me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the expenses. But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on several websites for about a year and am nervous about switching to another platform. I have heard very good things about blogengine.net. Is there a way I can transfer all my wordpress content into it? Any kind of help would be really appreciated!

  9. This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I’ve joined your feed and look forward to seeking more of your great post. Also, I’ve shared your website in my social networks!

  10. whoah this weblog is fantastic i really like studying your articles. Stay up the great work! You realize, a lot of individuals are looking round for this information, you can aid them greatly.

  11. Wonderful work! That is the type of info that should be shared across the net. Shame on the seek engines for no longer positioning this submit higher! Come on over and talk over with my website . Thanks =)

  12. Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this post and also the rest of the website is really good.

  13. Hello superb blog! Does running a blog such as this require a lot of work? I’ve virtually no knowledge of coding but I had been hoping to start my own blog in the near future. Anyhow, should you have any suggestions or tips for new blog owners please share. I know this is off subject nevertheless I simply wanted to ask. Thanks a lot!

  14. Greetings from Florida! I’m bored to death at work so I decided to check out your website on my iphone during lunch break. I really like the information you provide here and can’t wait to take a look when I get home. I’m shocked at how quick your blog loaded on my phone .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, great site!

  15. After I initially commented I appear to have clicked the -Notify me when new comments are added- checkbox and from now on every time a comment is added I recieve 4 emails with the same comment. Is there a means you can remove me from that service? Appreciate it!

  16. Hmm is anyone else experiencing problems with the images on this blog loading? I’m trying to determine if its a problem on my end or if it’s the blog. Any feedback would be greatly appreciated.

  17. It is very comforting to see that others are suffering from the same problem as you, wow!

  18. I loved as much as you will receive carried out right here. The sketch is tasteful, your authored material stylish. nonetheless, you command get got an edginess over that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again since exactly the same nearly very often inside case you shield this hike.

  19. I got this website from my friend who told me on the topic of this website and now this time I am visiting this web page and reading very informative content at this time.

  20. Do you have a spam issue on this website; I also am a blogger, and I was curious about your situation; many of us have created some nice practices and we are looking to swap solutions with other folks, please shoot me an e-mail if interested.

  21. I am curious to find out what blog platform you happen to be using? I’m having some minor security problems with my latest site and I’d like to find something more risk-free. Do you have any suggestions?

  22. My partner and I stumbled over here different web page and thought I should check things out. I like what I see so now i am following you. Look forward to looking over your web page yet again.

  23. You actually make it appear so easy with your presentation but I to find this matter to be actually something which I believe I would by no means understand. It kind of feels too complex and very vast for me. I am taking a look ahead on your subsequent put up, I’ll attempt to get the hold of it!

  24. Hello mates, how is all, and what you desire to say about this article, in my view its genuinely remarkable for me.

  25. Hi to all, it’s genuinely a good for me to pay a quick visit this site, it includes useful Information.

  26. Its not my first time to visit this site, i am browsing this web site dailly and obtain pleasant information from here all the time.

  27. It’s nearly impossible to find experienced people for this subject, but you seem like you know what you’re talking about! Thanks

  28. I appreciate, lead to I discovered just what I used to be having a look for. You’ve ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a great day. Bye

  29. bookmarked!!, I really like your blog!

  30. Wow, this post is fastidious, my younger sister is analyzing these kinds of things, so I am going to inform her.

  31. I was very happy to find this web site. I wanted to thank you for ones time just for this fantastic read!! I definitely appreciated every bit of it and I have you book-marked to look at new information on your web site.

  32. Hello! I just wanted to ask if you ever have any trouble with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing months of hard work due to no data backup. Do you have any methods to protect against hackers?

Leave a Message

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2022 © Akmakom. All rights reserved.

Kelas Drafter Pro [Plus] Angkatan 186, Adm Perkantoran Angkatan 55, Desain Grafis Pro Angkatan 14 akan segera dimulai. Silahkan hubungi bagian Admin untuk info dan pendaftaran.